Penyebab Kesemutan Dari Tangan Hingga Kaki

Penyebab Kesemutan

 

Ada beberapa penyebab kesemutan sebelum itu mari kita bahas apa itu kesemutan?. Kesemutan atau kebas atau baal. Pengertiannya adalah hilangnya sensasi pada bagian tubuh tertentu rasanya seperti tertusuk tusuk jarum, tersengat, tergelitik, atau terbakar. Dalam dunia medis kondisi ini biasa sebutannya dengan parestesia.

Kesemutan adalah hal yang wajar terjadi pada siapa pun dan bersifat sementara. Namun dalam beberapa kejadian kesemutan tangan, kaki, wajah, atau bagian lainnya. Itu bisa terjadi secara berkelanjutan akibat kerusakan atau gangguan pada sistem saraf pusat.

Berikut Beberapa Penyebab Kesemutan

Kesemutan dapat terjadi karena beberapa penyebab berikut penyebab serta penjelasannya.

1. Penyebab Kesemutan Neuropati Diabetik

Diabetes bisa menyebabkan kerusakan saraf dan menjadi penyebab kram kaki. Hal tersebut akan menjalar naik sehingga juga bagian tangan serta lengan dapat merasakannya.

2. Penyebab Kesemutan Sindrom Saraf

Penyebab selanjutnya, Sindrom ini juga menjadi alasan kenapa sering kesemutan seperti carpal tunnel, kelumpuhan saraf ulnar, perneus, serta radial.

3. Penyakit Sistemik

Penyakit sistemik seperti penyakit ginjal, hati, inflamasi kronis, ketidakseimbangan hormon dan lainnya juga bisa memengaruhi saraf serta memicu kesemutan. Keram terkait penyakit sistemik karena tekanan atau kerusakan pada serabut saraf.

4. Kekurangan Vitamin

Penyebab selanjutnya, Kekurangan vitamin E, B-1, serta B-12 bisa menjadi penyebab kram pada tangan serta kaki. Vitamin tersebut sangat penting untuk mendukung kinerja saraf. Namun mengonsumsi terlalu banyak vitamin B-6 juga bisa menyebabkan kesemutan pada tangan dan kaki.

5. Kecanduan Alkohol

Minum alkohol secara berlebihan dapat merusak jaringan dalam tubuh. Lambat laun, hal tersebut bisa berujung pada penyakit neuropati perifer. Yaitu penyakit yang menyebabkan kebas secara permanen pada salah satu anggota tubuh. Seperti tangan, kaki, serta jari tangan. Pada kondisi ini baal yang timbul sering terjadi secara konstan dan biasanya ada genjala lain seperti rasa sakit.

6. Obat obatan tertentu

Obat-obatan tertentu seperti obat untuk HIV, beberapa antibiotik atau obat kemoterapi. Obat obatan tersebut dapat menimbulkan kerusakan saraf hingga menyebabkan kebas tangan. Rasa kebas ini dapat terjadi sementara, tetapi juga bisa permanen. Oleh karena itu selalu konsultasikan dengan doketer mengenai efek samping dari obat yang anda konsumsi.

7. Infeksi

Beberapa jenis infeksi, seperti pada penyakit Lym, herpes zoster, cytomegalovirus, Epstein-barr, Herpes simplex, serta HIV dan AIDS. Infeksi ini akan menyebabkan inflamasi pada saraf sehingga membuat kaki dan tangan menjadi kesemutan.

8. Penyebab lainnya

Sementara itu, beragam kondisi dan keluhan lainnya juga kerap terkait sebagai penyebab kram kaki atau tangan yang anda alami. Misalnya gigitan serangga atau hewan, racun dalam makanan laut, penggunaan narkoba, atau terapi radiasi.

Demikian lah beberapa penyebab penyebab kesemutan yang siapa tau anda alami untuk penjelasan lebih lanjut bisa diliat pada airbet88 slot.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.